3 Tips Mencegah Malnutrisi pada Lansia

3 Tips Mencegah Malnutrisi pada Lansia

Malnutrisi atau lebih di kenal dengan gizi buruk salah satu yang paling rentang mengalami adalah orang yang sudah memasuki usia lanjut. Penyebab terjadi malnutrisi adalah karena asupan gizi yang di dapatkan oleh tubuh tidak seimbang, tidak sesuai dengan apa yang di butuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas yang diperlukan.

Setiap individu yang mengalami Malnutrisi akan memilki ciri-ciri yang bervariasi di banginakan dengan individu lainya. Orang yang sudah terkena malnutrisi bisa saja mengalami kurang gizi, di beberapa kasus bisa juga terjadinya obesitas. Tapi benarkan bahwa malnutrisi itu rawan atau lebih mudah menyerang pada lansia?

Perlu di ketahui bahwa konsep dasar terjadi Malnutrisi adalah kekurangan nutrisi pada tubuh yang di sebabkan oleh pola makan yang bermasalah atau makanan yang di konsumsi  yang salah. Nah faktanya terkhususnya lansia memang rentang mengalami malnutrisi di karenakan karena faktor penuaan pada kondisi tubuh yang terjadi secara alami oleh setiap manusia. Terlihat dengan jelas bahwa penuaan ini merubah bentuk otot, hingga pola makan para orang tua yang sudah lansia. Bahkan pada usia lanjut sering kali mengalami masalah pencernaan, karena metabolisme tubuh menurun kinerjanya.

Malnutrisi bisa terjadi pada siapaun di dunia ini, terutama lansia. Berikut ini adalah hal hal yang bisa di coba untuk mencegah terjadinya malnutrisi pada orang berusia lanjut, berikut ulasannya

  1. Makan makanan yang bergizi

Lansia sangat wajib mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi untuk mencegah terjadinya malnutrisi, sebenarnya pola makan bergizi sebaiknya di lakukan sejak muda selain terhindar dari malnutrisi tapi memperlambat penuaan pada tubuh dan wajah terlihat lebih muda di banding dengan lansia lainnya.

  1. Suplemen

Lansia itu sangat sering mengalami yang namanya tidak nafsu makan. Nah kalau sudah begini biar nutrisi terpenuhi bisa mengkonsumsi susu untuk lansia yang susah makan yang membantu memenuhi nutrisi pada tubuh.

Pilih suplemen dengan rasa yang di sukai oleh lansia, saat ini di pasar tersedia berbagai suplemen dengan berbagai rasa mulai dari vanilla, coklat dan orginal.

  1. Cemilat Sehat dan Bergizin

Untuk mendapatkan cemilan sehat dan bergizi saat ini sangat mudah, banyak sekali prodak cemilan kesehatan yang tersedia di pasar dengan harga yang bervariasi. Tapi hingga saat ini untuk cemilan instan hingga saat ini masih di percaya konsep harga sesuai kualitas.

Untuk menghemat budget bisa membuat cemilan sehat sendiri dengan belajar melalui youtube dan media lainya. Untuk memenuhi gizi lansia bisa mengkonsumsi jus dan minuman alami lainya.

Kalau dengan tips di atas masih mengalami malnutrisi, anda bisa membawa orang tua anda yang sudah memasuki usia lanjut ke ahli gizi untuk solusi terbaiknya.