5 Cara Menyeduh Kopi Menggunakan French Press

5 Cara Menyeduh Kopi Menggunakan French Press

Ada beberapa cara untuk menyeduh kopi. Baik itu secara manual maupun menggunakan alat. Salah satu alat yang cukup mempermudah penyeduhan kopi adalah french press. Alat penyeduh kopi ini termasuk alat yang paling banyak digunakan. Hal ini dikarenakan alat penyeduh kopi ini bisa menghasilkan kopi dengan rasa yang kuat dan aroma yang nikmat. Berikut cara menggunakan alat penyeduh kopi ini.

1.             Siapkan Air Mendidih

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan air panas. Ada baiknya Anda menggunakan air yang dipanaskan di atas kompor. Bukan menggunakan air panas dari dispenser. Panaskan air kurang lebih hingga 95oC. Alat penyeduh kopi ini biasanya memiliki ukuran sekitar 500 ml. Jadi, Anda perlu menyiapkan 250 gram air atau 250 ml. Setelah air siap, masukkan ke dalam ketel leher angsa.

2.             Siapkan Kopi

Selagi Anda memasak air hingga mendidih, siapkan kopi yang Anda miliki sebanyak 15 gram. Usahakan kopi sudah dalam bentuk bubuk. Bila kopi masih dalam bentuk biji kopi, ada baiknya Anda menggiling dulu. Anda bisa menggunakan bubuk kopi dengan gilingan kasar maupun bubuk kopi dengan gilingan medium. Apabila stok kopi di rumah ada kopi bubuk kemasan, tidak ada salahnya Anda mencobanya.

3.             Campurkan Air dan Kopi

Apabila bahan utama sudah siap yakni kopi dan air, kini saatnya memulai menyeduh kopi. Siapkan alat french press kemudian masukkan kopi sebanyak 15 gram. Setelah itu masukkan air dengan suhu 92oC atau 95oC sesuai selera, yang ada di dalam ketel leher angsa secara perlahan-lahan. Adapun rasio yang digunakan adalah 1: 15 (kopi : air) atau sesuai selera.

4.             Tunggu Kopi untuk Blooming

Siapkan timer dan atur selama 4 menit untuk menunggu kopi yang sedang blooming. Tujuannya untuk mengeluarkan karbondioksida dan menghilangkan rasa asam yang tidak diinginkan. Pada saat timer sudah berbunyi, kini Anda harus mengaduk kopi yang telah blooming menggunakan sendok hingga kopi mengeluarkan crema. Angkat crema hingga bersih.

5.             Tutup Kopi dengan Plunger

Setelah kopi bersih dari crema, kini saatnya menutup seduhan kopi yang ada di dalam alat menggunakan plunger. Masukkan plunger hingga batas atas kopi dan jangan langsung menekannya hingga ke bawah. Tujuannya  agar partikel yang ada di permukaan bisa turun ke dasar alat. Biarkan proses ini berjalan dengan mengatur timer minimal 5 menit dan maksimal 10 menit.

Setelah menunggu maksimal 10 menit, kopi sudah siap diminum. Jangan lupa, posisi plunger french press harus berada di batas atas kopi dan jangan ditekan sampai ke dasar alat. Hal ini dapat menyebabkan partikel yang sudah mengendap bisa naik lagi ke permukaan. Dengan begitu, Anda sudah bisa menuangkan hasil seduhan kopi dari alat ke dalam gelas cangkir.