5 Manfaat Jogging untuk Perkembangan Buah Hati

5 Manfaat Jogging untuk Perkembangan Buah Hati

Meski pembatasan aktivitas di luar rumah masih berlaku seiring kebijakan PPKM dari pemerintah, Anda harus tetap mengupayakan olahraga bersama buah hati secara rutin. Manfaat olahraga bagi anak-anak bisa membuat tubuh lebih sehat, bebas stress dan terhindar dari risiko penularan virus corona atau penyakit lainnya. Anda tetap bisa mengajak anak melakukan jogging setiap akhir pekan atau minimal seminggu 1-2 kali di sekitar rumah saja.

Manfaat jogging yang rutin dilakukan

Jogging merupakan aktivitas olahraga yang menyenangkan sebab Anda dan anak bisa berlari dengan kecepatan santai di sekitar rumah saja. Selama pandemi virus corona, pastikan tetap mematuhi prokes yang berlaku demi mencegah terpapar virus corona di mana saja. Berikut 5 manfaat jogging yang rutin dilakukan bersama anggota keluarga tercinta yaitu :

1. Membantu menjaga kesehatan fisik dan mental

Tidak hanya sekadar menambah stamina lebih prima, olahraga bisa mendukung organ-organ tubuh memiliki kinerja yang baik. Jogging sangat baik untuk menjaga sirkulasi darah dalam tubuh anak, lho! Selain itu, olahraga bisa membantu kesehatan mental tetap terjaga selama masa pandemi yang acap bikin stress.

2. Menjadi lebih aktif

Kegiatan di rumah saja bisa membuat anak mudah bosan dan lelah, apalagi sistem pembelajaran dilakukan secara daring. Manfaat olahraga bagi anak-anak bisa membuat diri menjadi lebih aktif dan produktif dalam melakukan aktivitas harian. Anak akan lebih semangat belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan dari guru di sekolah meski berada di rumah saja.

3. Meningkatkan potensi pertumbuhan yang maksimal

Olahraga rutin bisa merangsang pertumbuhan anak menjadi lebih maksimal dari segi menjaga berat badan tetap ideal, menambah tinggi badan dan lain-lain. Kesehatan tulang menjadi lebih baik setelah anak rajin melakukan jogging minimal 10-30 menit setiap hari.

4. Bisa meningkatkan kecerdasan otak

Hal ini dikarenakan olahraga jogging bisa meningkatkan koordinasi otak dan gerak menjadi lebih baik. Anak-anak yang rajin melakukan olahraga bakal tumbuh menjadi lebih cerdas dan kreatif, lho!

5. Menjadi kegiatan yang meningkatkan kualitas hubungan dengan orangtua

Selama pandemi, Anda wajib mengajak anak melakukan kegiatan bersama yang positif untuk mendukung komunikasi yang lebih baik. Jiwa sosial anak bisa ditingkatkan dengan melihat kondisi sekitar, meskipun Anda hanya mengajak dia jogging di sekitar kompleks perumahan saja.

Lebih dari itu, olahraga jogging merupakan jenis olahraga yang tidak membutuhkan perlengkapan lebih banyak alias murah meriah. Pastikan pakai sepatu lari, membawa air minum dan memakai masker selama masa pandemi.

Olahraga lari atau jogging bisa menjadi salah satu cara mengajari anak tentang fokus pada tujuan. Dengan berlari atau jogging, anak bisa mencapai tujuan atau garis finish dengan sungguh-sungguh. Karakter dan kepribadian yang baik akan memberikan manfaat besar bagi kehidupan buah hati saat beranjak dewasa kelak. Yuk, pastikan Anda mengajarkan manfaat olahraga bagi anak-anak sejak mereka belia demi kesehatan tubuh yang optimal!