Apa itu kopi hitam?

Apa itu kopi hitam?

Ada orang-orang di dunia ini yang tidak akan pernah melewatkan waktu pagi hari untuk meminum secangkir kopi sebelum memulai aktivitasnya. Di sisi lain ada juga orang yang minum kopi hanya pada waktu mereka ingin saja, misalnya saat hujan, pada saat ngumpul dengan teman atau pada waktu bekerja supaya fokusnya meningkat.

Kebiasaan dalam meminum segelas kopi di setiap negara tentu berbeda, bahkan antara individu satu dengan yang lainnya juga beda. Bahkan meski sama-sama kopi, menu yang di pilih juga beda. Ada yang memilih kopi hitam tanpa gula, ada yang dengan ampas atau tanpa ampas, ada yang menggunakan susu dan perpaduan bahan lainya.

Namun kalau berbicara di Indonesia salah satu cara menikmati kopi adalah dengan minum kopi tubruk ataupun kopi hitam tanpa perpaduan bahan apapun.

Lalu apa itu kopi hitam? Agar lebih mengenal terkait kopi hitam, simak ulasannya berikut ini

Arti dari Kopi Hitam

Kopi hitam merupakan jenis kopi yang sudah ada di Indonesia sejak lama dan selalu menjadi salah satu menu kopi turun temurun. Sebagai resep kopi tradisional, kopi hitam memiliki proses pembuatan yang cukup singkat dan sangat sederhana. Di katakan sederhana karena pada proses pembuatannya selain di perlukan bubuk kopi hanya perlu air panas tanpa adanya gula ataupun bahan lainya.

Meskipun pembuatan kopi hitam yang sederhana, nyata pembuatan kopi hitam di anggap sebagai ilmu tertinggi dalam dunia perkopian. Metode pembuatan kopi hitam yang sederhana ini di sebut immersion, ada hal hal detail yang harus di perhatikan agar hasilnya enak.

Cara menikmati kopi hitam

Ada sebagian orang yang saat ini tidak tau cara menikmati kopi hitam, dengan berbagai alasan mulai dari pahit hingga teksturenya yang kasar.

Ada beberapa hal yang bisa di terapkan agar kopi hitam yang di minum menjadi lebih nikmat, diantaranya sebagai berikut

  1. Biji atau Bubuk Kopi

Biji kopi atau bubuk kopi yang di gunakan untuk membuat kopi hitam ada baiknya gunakan yang masih fresh supaya aroma kopinya lebih keluar dan nikmat.

  1. Takaran kecil

Agar minum kopi lebih terasa nikmat minum dengan takaran gelas kecil karena rasanya akan lebih enak. Gak percaya dengan metode ini? Bisa anda bandingkan langsung antara minum dengan gelas kecil  dan besar.

  1. Alternatif yang tidak suka pait dan berampas

Bagi kalangan anak muda alasan tidak mau minum kopi hitam adalah rasanya pahit dan berampas meskipun secara aroma memang terasa nikmat ketika di hirup. Agar tidak terasa pait setelah di seduh ada baiknya di saring terlebih dahulu agar pait berkurang dan ampasnya tidak ada.

Semoga bermanfaat informasi terkait cara menikmati kopi hitam ini, sampai juga di pembahasan seputar kopi pada artikel lainya.