Cara Menanam Tomat dan Tips Merawatnya ala SehatQ.com

Cara Menanam Tomat dan Tips Merawatnya ala SehatQ.com

Apakah Anda ingin memulai berkebun di rumah dengan mudah dan berhasil? Nah, jika ya, Anda bisa memilih tomat sebagai sayuran pertama yang ditanam di rumah. Hal ini cukup beralasan karena cara menanam tomat cenderung tidak terlalu susah sehingga tidak memerlukan teknik khusus yang bisa jadi akan merepotkan Anda.

Sebagaimana diketahui, tomat merupakan salah satu sayuran dengan kandungan gizi yang cukup banyak. Tidak hanya air untuk menjaga hidrasi tubuh, tomat juga kaya akan vitamin C, A dan nutrisi lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang cara untuk menanam tomat sekaligus perawatan yang diperlukan yang bisa Anda coba. Penasaran? Simak ulasannya!

Cara Budidaya Tomat di Rumah

Untuk memulai budidaya tomat di rumah, tentu saja Anda harus mengetahui cara yang tepat agar bisa berhasil. Budidaya tomat sendiri bisa dilakukan di lahan halaman ataupun di polybag.

Ada beberapa hal penting terkait budidaya tomat di rumah yang perlu diketahui. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memilih biji tomat yang sehat

Agar proses menanam tomat bisa berhasil dan Anda bisa panen maksimal, maka memilih biji tomat yang sehat adalah keharusan. Biji yang sehat akan menentukan kesehatan dari pohon tomat tersebut.

Nah, dalam hal ini, berusahalah untuk mencari biji tomat yang sehat. Anda bisa melakukan pengolahan biji dari tomat yang sudah matang di pohon. Namun, jika ingin langkah yang lebih praktis, beli biji tomat yang banyak tersedia.

  • Siapkan media tanam

Untuk menanam tomat, Anda perlu menyediakan media tanam. Olah lahan jika Anda hendak menggunakan halaman sebagai media tanam, Nah, untuk Anda yang menggunakan polybag, maka siapkan tanah berhumus dan polybag yang akan digunakan.

Dalam hal ini, selain media tanam yang tepat, Anda juga harus mengatur jarak penanaman benih sekitar 60 cm. Selain itu, usahakan Anda menanam benih tomat di tempat yang banyak terkena paparan sinar matahari.

  • Berikan pupuk dan siram secara teratur

Agar pohon tomat bisa tumbuh maksimal, maka Anda perlu memberikan pupuk serta menyiram pohon tomat secara teratur. Terutama penyiraman, jangan siram tanaman tomat terlalu sering karena akan membuat batang terlalu basah dan lembap. Idealnya, tomat disiram tiga hari sekali dan berkurang intensitasnya saat tomat mulai berbuah.

  • Gunakan penyangga

Ketika tomat mulai tumbuh, maka batang akan menopang buah. Nah, seringkali, batang tersebut kurang kuat sehingga pohon tomat bisa saja ambruk. Oleh karenanya, Anda perlu menggunakan penyangga.

Fungsi penyangga ini sangat penting agar batang tomat tidak jatuh dan pohon tomat bisa tumbuh dengan lebih baik. Untuk penyangga, Anda bisa membuatnya dengan menggunakan bambu yang dibelah, kayu ataupun pipa.

  • Waktu panen tomat

Waktu panen adalah hal yang sangat ditunggu setelah proses tanam tomat. Nah, tomat umumnya bisa dipanen setelah sekitar 60 hingga 100 hari dari waktu panen. Waktu panen ini berbeda-beda tergantung dari jenis tomat yang Anda tanam.

Pohon tomat dikatakan sudah siap panen jika buah tomat berwarna setidaknya hijau kekuningan. Selain itu, tepi daun yang berwarna kuning serta batang yang mulai kering juga termasuk tanda jika tomat sudah siap untuk dipanen.

Beberapa hal di atas adalah cara menanam dan merawat tomat yang perlu Anda ketahui. Untuk informasi lain perihal tanaman, Anda bisa mengecek review yang tersedia di SehatQ.com.

Deskripsi: Cara menanam tomat perlu diketahui secara saksama. Dengan cara menanam tomat yang benar, hasil panen pun nantinya akan cenderung lebih melimpah.