Cara Mengatasi Anak 5 Tahun yang Masih Mengompol

Cara Mengatasi Anak 5 Tahun yang Masih Mengompol

Mengompol bukan suatu masalah bagi anak yang berusia dibawah lima tahun. Anda bisa beli Drypers untuk balita yang memiliki intensitas buang air kecil yang cukup tinggi. Sebaiknya Anda menerapkan pembelajaran toilet training untuk anak yang sudah menginjak usia 1-2 tahun. Pembelajaran toilet training sejak dini bisa mengajari anak untuk BAK di kamar mandi serta mengurangi pengeluaran bulanan, bukan?

Mengajari anak belajar BAK dan berhenti mengompol

Beli Drypers bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin memberikan bayi atau balita tidur nyenyak saat malam hari. Namun, anak yang telah berusia 5 tahun wajib belajar BAK di kamar mandi agar tidak mengompol di ranjang. Tentu anak usia 5 tahun tidak akan memakai popok sekali pakai ke mana-mana, bukan? Yuk, simak tips mengajari anak belajar BAK di kamar mandi dan berhenti mengompol berikut!

  1. Mengatur konsumsi air minum si kecil

Intensitas mengompol yang terlalu sering bisa disebabkan oleh konsumsi air minum yang berlebihan. Sebagai orangtua yang baik, Anda harus mengatur konsumsi air minum si kecil dengan optimal.

Pastikan anak rutin mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Usahakan untuk memberikan batasan konsumsi air putih saat tidur malam agar tidak mengompol. Jangan lupa untuk menghindari konsumsi minuman yang mengandung kafein, soda dan susu coklat yang berlebihan.

  1. Mengajarkan BAK sebelum tidur malam

Selain rutin melakukan aktivitas gosok gigi atau cuci muka, tangan, dan kaki, pastikan Anda mengajak si kecil untuk buang air kecil sebelum tidur malam. Setidaknya BAK jelang tidur malam bisa meminimalisir risiko si kecil mengompol.

  1. Tidak membangunkan anak untuk BAK

Jika anak sudah terlanjur tidur sebelum BAK, sebaiknya Anda tidak membangunkannya hanya untuk pipis. Penelitian menunjukkan bahwa anak bisa alami susah tidur dan kesal setelah dibangunkan hanya untuk pipis. Hal ini tidak menghentikan kebiasaan si kecil yang mengompol.

  1. Melakukan sesi bicara dari hati ke hati

Saat anak mengompol, jangan langsung marah padanya. Sebaiknya orangtua melakukan sesi bicara dari hati ke hati dengan si kecil. Anda bisa mengajak anak untuk belajar toilet training, memberikan pemahaman usia yang sudah besar dan rasa malu saat memakai popok dan memberikan hadiah untuk anak yang berhasil tidak mengompol.

  1. Memberikan perhatian pada anak

Selalu usahakan anak untuk rutin minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi. Anak usia 5-7 tahun pergi ke toilet 4-7 kali sehari tergantung dengan tingkat konsumsi air putih, cuaca atau faktor yang lain. Jangan lupa untuk mendukung sanitasi yang baik untuk anak di rumah. Tidak ada salahnya untuk mengetahui kebersihan sanitasi di sekolah agar anak merasa nyaman untuk BAK tanpa perlu menahannya.

Dari beberapa tips mengajari anak untuk BAK di kamar mandi dan tidak menahan keinginan kemih, apakah si kecil sudah mulai menerapkannya? Beli Drypers untuk bayi atau balita yang masih dalam tahap belajar toilet training, ya! Sebaiknya Anda menghindari pemakaian popok untuk anak yang lebih besar agar bisa memberikan kebiasaan BAK dan tidak mengompol lagi.