Ciri Fisik Kehamilan Setelah Minggu Pertama

Ciri Fisik Kehamilan Setelah Minggu Pertama

Ciri fisik pembuahan berhasil sudah mulai terasa setelah satu atau dua minggu terjadinya pembuahan. Proses pembuahan biasanya terjadi satu minggi setelah Anda selesai haid atau dua minggu setelah siklus haid selanjutnya. Ciri fisik yang bisa Anda rasakan saat ovulasi berhasil dibuahi adalah sebagai berikut.

Sering Lelah

Anda harus tahu bahwa satu minggu setelah pembuahan terjadi, hormon kehamilan sudah mulai berfungsi. Tubuh Anda sebagai perempuan hamil telah menyesuaikan sehingga seringkali kegiatan yang Anda lakukan menjadi sangat melelahkan. Walaupun kegiatan tersebut merupakan kegiatan sehari-hari Anda.

Selain itu, pasokan oksigen pada calon buah hati Anda di dalam tubuh akan membuat Anda harus membagi jatah. Hal tersebut akan membuat Anda menjadi cepat lelah dengan napas yang mudah terengah-engah. Kondisi ini sendiri memang sering terjadi.

Selain mudah lelah karena level hormon progesteron yang meningkat kemudian mencegah sistem imun menyerang embrio janin yang baru menempel pada dinding rahim Anda. Hal tersebut memicu efek samping yaitu membuat Anda menjadi lebih mudah terserang virus dan bakteri, salah satunya influenza.

Anda sebagai ibu hamil harus banyak istirahat, mengkonsumsi makanan yang sehat, dan tentunya melakukan konsultasi dengan bidan maupun dokter kandungan. Hal tersebut dilakukan karena kondisi Anda dengan ibu hamil yang lainnya sangat berbeda.

Pusing

Pusing yang Anda alami saat hamil biasanya dikarenakan adanya perubahan fisik dan juga mental di awal kehamilan. Kondisi ini juga akan diperparah dengan rendahnya kadar gula darah sehingga memicu rasa pusing.

Rasa pusing yang dialami ibu hamil juga berbeda-beda, bahkan ada beberapa ibu hamil yang mengalami pusing hingga pingsan. Sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang sehat seperti karbohidrat kompleks, protein, buah, dan sayur.

Gusi Bengkak dan Sakit

Sistem imun tubuh yang melemah dan juga volume darah yang meningkat pada tubuh Anda akan mengakibatkan beberapa jaringan mengalami inflamasi. Salah satu jaringan tersebut adalah gusi. Jika Anda mengalami gusi berdarah, sakit, hingga mata menjadi bengkak bisa jadi itu merupakan tanda awal kehamilan Anda.

Morning Sickness

Morning sickness adalah kondisi di mana Anda mengalami mual dan perasaan ingin muntah terus-menerus setiap pagi. Mual ini disebabkan karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh Anda. Selain itu, penciuman Anda ketika hamil menjadi sangat sensitif sehingga lebih mudah untuk menolak makanan dan akhirnya menyebabkan Anda muntah.

Mual dan muntah sendiri adalah ciri fisik pembuahan berhasil yang biasanya dialami sekitar dua minggu setelah pembuahan. Maka dari itu, sebaiknya Anda minum cukup air untuk menjaga tubuh terhidrasi. Pada awal kehamilan lengkapi juga dengan nutrisi seperti asam folat untuk memastikan kecukupan nutrisi yang Anda butuhkan.

Itulah ciri fisik pembuahan berhasil yang bisa Anda lihat pada minggu pertama setelah pembuahan. Ada baiknya jika Anda memastikan kehamilan Anda dengan langsung mendatangi bidan maupun dokter kandungan. Informasi lainnya bisa Anda dapatkan di situs Orami di www.orami.co.id.

admin

shares