Ingin Mendapatkan Manfaat Zink? Simak Berbagai Sumber Pangannya

Ingin Mendapatkan Manfaat Zinc? Simak Berbagai Sumber Pangannya

Manfaat zink amat banyak untuk membantu meningkatkan serta menjaga kesehatan tubuh. Walaupun sebenarnya mineral ini tidak dibutuhkan dalam jumlah yang cukup banyak.

Untuk perempuan direkomendasikan 8 mg. Sementara untuk laki-laki dewasa disarankan mengkonsumsi zinc sebanyak 11 mg per harinya. Tentunya kebutuhan ini amat mudah dipenuhi terutama jika banyak mengkonsumsi sumber bahan bakunya.

Apa sajakah yang menjadi sumber bahan baku dari Zinc? Untuk membantu menjawab pertanyaan tersebut, maka Anda bisa membaca berbagai bahan pangan yang mempunyai kadar Zink cukup tinggi.

Sumber Bahan Baku Zinc

Sebenarnya ada banyak sekali bahan pangan yang bisa dijadikan sumber bahan baku mineral ini. Sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak memperoleh manfaat zink sebesarnya.

Adapun beberapa manfaat bagi tubuh adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh
  • Membantu mengurangi peradangan yang terjadi di tubuh
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Membantu proses produksi kolagen di dalam tubuh
  • Membantu mendukung pertumbuhan anak menjadi optimal
  • Meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik anak

Bahan Makanan Sumber Zinc

Dengan banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi mineral ini, maka di bawah merupakan beberapa alternatif bahan baku makanan yang bisa disajikan serta dikonsumsi setiap hari.

Sayur-Sayuran

Sayur-sayuran juga merupakan salah satu sumber pangan yang mengandung zink dalam jumlah yang cukup besar. Anda dapat memilih sayuran yang masih segar dan berkualitas untuk memastikan kadarnya tidak berkurang.

Pilihan sayur-sayuran nya adalah buncis, kangkung, jamur,  serta asparagus. Semuanya amat mudah ditemukan di warung terdekat. Bahkan pengolahannya bisa divariasikan dengan berbagai macam cara.

Produk Susu dan Turunannya

Jika anda dan anggota keluarga senang mengkonsumsi produk susu dan turunannya, maka tidak perlu mengkhawatirkan akan kekurangan Zinc. Karena ternyata sumber pangan tersebut mengandung mineral dalam jumlah yang cukup tinggi.

Produk Susukan bermacam-macam sesuai dengan peruntukannya. Sementara turunannya juga mudah ditemui di minimarket dan warung terdekat. Anda bisa mencari yoghurt dan keju sebagai pengganti susu.

Daging-Dagingan

Lagi lagi nyanyi juga merupakan salah satu sumber zinc yang amat kaya. Anda dapat menggunakan daging sapi, ayam, kalkun,  kambing, dan domba. Tentu saja semuanya perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan.

Ternyata tidak hanya dagingnya saja yang mengandung zinc tinggi. Anda juga bisa mengkonsumsi berbagai macam telur yang dihasilkan oleh unggas untuk mendapatkan mineral dalam jumlah yang cukup.

Suplemen Zinc

Jika kebetulan Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan s bahan makanan segar sebagai sumber zinc, maka pilihan lain adalah mengkonsumsi suplemen yang banyak ada di pasaran.

Tentu saja untuk dosisnya Anda harus berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui berapa takaran yang sesuai dengan kesehatan.

Untuk memperoleh manfaat zink sebesarnya,  maka konsumsilah seluruh bahan makanan secara bervariasi yang mengandung mineral ini dalam jumlah yang cukup.