Jaga Kesehatan Mata dengan Kuning Telur

Jaga Kesehatan Mata dengan Kuning Telur

Telur adalah salah satu makanan yang paling mudah untuk ditemui dimana-mana. Baik itu telur dari ayam maupun telur dari bebek. Perlu diketahui bahwa sangat banyak kegunaan dan manfaat kuning telur untuk Anda, tak terkecuali kesehatan mata. Tidak hanya wortel yang terkenal bisa membantu menjaga kesehatan mata dengan kandungan beta karoten di dalamnya, kuning telur ternyata juga punya peran untuk menjaga kesehatan mata. Meski mungkin tidak familiar di telinga Anda, namun faktanya telur memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa untuk menjaga penglihatan mata.

Menurut penelitian, mengkonsumsi telur secara teratur dapat melindungi mata terhadap degenerasi makula, atau penurunan penglihatan pusat yang merupakan penyebab paling umum pada kebutaan. Retina mata kita tersusun atas beberapa lapisan sel yang sensitif terhadap cahaya. Pada bagian tengah retina mata, terdapat daerah yang disebut makula yang terdiri dari banyak sel. Meskipun ukurannya kecil, sel-sel makula bertanggung jawab dan berperan penting agar mata dapat melihat dengan jelas, fokus, dan tajam. Semakin lama, sel-sel makula akan semakin menua dan mengalami penurunan fungsi. Bahkan pada orang yang berusia 65 tahun, sel-sel makulanya sudah mulai mati.

Selain memperkecil resiko degenerasi makula, ternyata kuning telur juga mengandung senyawa antioksidan dan sumber karotenoid lutein serta zeaxanthin yang dapat menurunkan resiko penyakit katarak. Zat ini berperan sebagai antioksidan untuk mata, melawan radikal bebas yang dapat merusak beberapa bagian pada retina sehingga dapat mempengaruhi kemampuan mata untuk fokus. Katarak adalah kabut pada lensa mata. Lensa mata terletak di belakang iris dan pupil mata bertugas untuk memberi fokus cahaya pada retina. Bila lensa mata berkabut akibat katarak, maka lensa mata tidak dapat memfokuskan cahay dengan baik, sehingga membuat penglihatan menjadi kabur, buram dan seperti berkabut (tertutup kabut). Derajat gangguan penglihatan tergantung pada tingkat kekeruhan lensa.

Beberapa penelitian meyakini bahwa kandungan lutein dan zeaxanthin dalam kuning telur lebih mudah didapat dan dikonsumsi. Bahkan dalam butir telur tersebut juga mengandung matriks berbasis lemak bersama dengan zat gizi mikro lainnya.