Kandungan di Dalam Susu Untuk Anak Kurang Gizi Dikemas Praktis Siap Diserap Tubuh

Kandungan di Dalam Susu Untuk Anak Kurang Gizi Dikemas Praktis Siap Diserap Tubuh

Kurang gizi pada anak-anak pasti merepotkan sang Ibu. Hal ini karena anak adalah masa yang cukup awal manusia hidup di bumi. Jika pada waktu anak-anak saja sudah kurang gizi dikhawatirkan berefek pada waktu besar. Pada perkembangan manusia fase anak-anak, usus atau sistem pencernaan anak-anak masih belum sempurna. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi atau gizi perlu yang praktis dan ringan. Susu adalah produk yang cocok untuk memenuhi nutrisi itu. Hal ini karena di dalam susu dapat ditambahkan bahan-bahan yang siap diserap usus anak-anak untuk diedarkan ke seluruh tubuh anak. Namun, jika terlanjur anak Anda mengalami kurang gizi, solusi paling tepat adalah mengonsumsi susu untuk anak kurang gizi. Hal ini karena praktis mudah diserap jadi efeknya bisa langsung digunakan tubuh.

Kandungan Susu untuk Anak Kurang Gizi

  • Protein

Protein berfungsi dalam perbaikan sel-sel yang rusak dan membentuk sel-sel tubuh. Selain itu, protein juga menyusun hormon, imunitas tubuh, dan pertumbuhan tulang dan otot. Protein dalam susu diharapkan akan menambah aktivitas otot bertumbuh sehingga berat badan akan naik dan anak tidak tampak kurus. Sesuai acuan pada Angka Kecukupan Gizi (AKG), anak usia 1-3 tahun membutuhkan protein sekitar 26 gram. Sedangkan anak usia 4-6 tahun membutuhkan protein sekitar 35 gram.

  • Kalori

Sebelum membeli susu khusus anak kurang gizi, Anda sebagai orang tua dapat membaca tabel Angka Kecukupan Gizi. Di sekitar tabel itu akan tertera jumlah kalori setiap segelas susu yang sudah ditakar. Kalori cukup penting diketahui untuk menambah energi pada Anak. Rata-rata anak-anak usia 1-4 tahun total kalori yang dibutuhkan adalah 1125 kkal, sedangkan usia 4-6 tahun sekitar 1600 kkal.

  • Kalsium

Kalsium adalah kandungan umum yang hampir selalu ada pada susu untuk anak kurang gizi. Biasaya kalsium disandingkan dengan Vitamin D. Kalsium dan vitamin D penting dalam pembentukan sel-sel tulang sehingga tulang menjadi kuat dan padat serta tidak keropos. Selain dalam susu, kalsium dapat ditemukan dalam yoghurt, keju,sayuran, almond, dan kacang merah. Kekurangan kalsium dan Vitamin D dapat menyebabkan penyakit rakhitis pada tulang ditandai dengan lemahnya tulang.

  • Lemak

Lemak cukup penting sebagai energi cadangan makanan selain karbohidrat. Itulah mengapa lemak wajib ada pada susu anak yang kurang nutrisi. Berdasarkan AKG kebutuhan lemak anak usai 1-3 tahun adalah sekitar 44 gram, sedangkan anak usia 4-6 tahun adalah sekitar 62 gram. Dengan batasan kira-kira konsumsi lemak diharapkan anak tidak akan mengalami obesitas.

Demikian terkandungnya zat-zat penting dalam susu untuk anak kurang gizi yang mungkin bisa lebih dari itu. Salah satu kebaikan adanya susu untuk anak kurang gizi adalah membantu anak-anak yang mungkin tidak menyukai makanan tertentu sementara didalamnya terkandung zat yang dibutuhkan. Adanya susu ini juga dapat membuat manfaat sekaligus yakni tidak perlu repot-repot mencari makanan jenis-jenis tertentu untuk mendapatkan nutrisi di dalamnya. Jadi, kira kira susu apa yang tepat untuk si kecil yang kurang gizi?

Dekripsi : susu untuk anak kurang gisi dikemas praktis dengan mencakup zat-zat penting untuk pemenuhan gizi.