Kolaborasi Aplikasi Smart City Kota Batu dengan Lintasarta

Kolaborasi Aplikasi Smart City Kota Batu dengan Lintasarta

Konsep smart city saat ini semakin nyata karena kemajuan teknologi di era modern. Inovasi sistem yang terintegrasi dalam smart city sangat memudahkan semua kegiatan masyarakat. Smart city Kota Batu merupakan sistem andalan yang diupayakan dengan beberapa aplikasi pendukung untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kota. Pemerintah dan penyedia jasa sudah berkolaborasi.

Aplikasi dari Pemerintah Kota Batu

Kota Batu termasuk ke dalam salah satu kota teladan dalam menerapkan konsep smart city. Dalam perkembangannya, penerapan smart city di Kota Batu dapat berjalan baik dan terus menerus mengalami peningkatan. Hal ini dapat terjadi karena kerja sama yang baik dari seluruh pihak terkait, yaitu Pemerintah Kota Batu dan segenap masyarakatnya.

Pencanangan program yang tepat guna juga mendukung jalannya konsep smart city. Berbagai program tersebut mengarah pada kesejahteraan masyarakat berupa pemenuhan kebutuhan masyarakat di semua kalangan dengan lebih praktis. Beberapa program tersebut dituangkan dalam konsep aplikasi yang dicetuskan oleh Pemerintah Kota Batu.

Terdapat tiga aplikasi yang sudah dicetuskan yaitu aplikasi Among Tani, Among Kota, dan Among Warga. Ketiga aplikasi ini juga sudah bisa diunduh di PlayStore untuk kemudian dipasang di gadget setiap penggunanya. Sesuai dengan namanya, ketiga aplikasi tersebut menjalankan perannya masing-masing.

Aplikasi Among Tani dapat memudahkan kebutuhan petani untuk memasarkan hasil panennya hingga berkomunikasi dengan pembeli. Sebagai konsumen, Anda juga dapat melihat stok hasil panen dari para petani di Kota Batu. Segala informasi mengenai pertanian dapat diakses melalui aplikasi tersebut secara mendetail.

Selain itu, aplikasi yang utamanya diperuntukkan bagi petani ini bisa menjadi ruang komunikasi, penyampaian kritik dan saran, sampai keluhan para petani. Sama seperti aplikasi ini, Among Warga berperan menjadi portal informasi. Bedanya, Among Warga ini menyediakan info mengenai seluruh pelayanan publik (lalu lintas, kemacetan, cuaca, dsb.).

Among Warga juga sangat intensif untuk menjembatani komunikasi antara warga dengan Pemerintah Kota Batu dalam berbagai aspek. Dengan cara ini, komunikasi dapat berjalan semakin lancar dengan adanya partisipasi masyarakat berupa kritik, saran, dan solusi.

Terakhir, aplikasi Among Kota berperan dalam memberikan informasi terbaru mengenai Kota Batu. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat mengirimkan detail lokasi disertai foto guna melengkapi laporan terkini di Kota Batu. Dengan demikian, info terbaru mengenai kejadian atau kebijakan terkini dapat diketahui. Sarana informasi ini sangat mendukung kesuksesan smart city Kota Batu.

Aplikasi Hasil Dukungan Lintasarta

Dalam perkembangannya, Pemerintah Kota Batu menjalin kerja sama dengan Lintasarta sebagai pihak jasa penyedia infrastruktur berbasis jaringan internet. Berkaitan dengan pengembangan smart city, dicetuskanlah beberapa aplikasi baru bentukan Lintasarta dengan persetujuan pemerintah kota untuk melengkapi sarana pemenuhan kebutuhan masyarakat lewat sistem praktis.

Informasi Kota, Laporan Masyarakat, dan Smart Farming adalah ketiga aplikasi hasil dukungan Lintasarta yang semuanya berkolaborasi dengan Platform Command Center Smart city milik pemkot setempat. Ketiga aplikasi tersebut mempunyai fokus peran masing-masing.

Dengan aplikasi Informasi Kota, masyarakat lebih mudah menerima informasi secara khusus. Wisatawan juga mudah dalam mengakses informasi kota Batu tentang pariwisata, fasilitas publik, dan semua hasil alam, khususnya hasil pertanian sebagai fokus utama Kota Batu. Dengan ini, sektor pariwisata Kota Batu semakin terjamin.

Melalui layanan Laporan Masyarakat, setiap masyarakat Kota Batu yang terhubung ke aplikasi melalui akun pribadi dapat melaporkan berbagai aktivitas di daerahnya. Dengan demikian, informasi yang terangkum dalam aplikasi tersebut dapat mencakup kondisi seluruh wilayah Kota Batu.

Smart Farming juga memfasilitasi petani di Kota Batu untuk berinteraksi dengan pemerintah desa hingga ke Pemerintah Kota Batu serta para ahli pertanian. Diharapkan pengetahuan semua petani dapat meningkat, sehingga membantunya untuk memasarkan hasil pertaniannya kepada calon pembeli atau pelanggannya.

Kesepakatan Pemerintah Kota Batu memang melahirkan suatu kebijakan yang sangat menguntungkan berbagai pihak. Bagaimana tidak, berbagai aplikasi tersebut membantu memenuhi kebutuhan masyarakat secara praktis sesuai dengan fungsinya masing-masing. Berkat dukungan Lintasarta dalam penyediaan aplikasi, sistem smart city Kota Batu ini semakin lengkap dan maju.

admin

shares