Mau beli mobil listrik, cek ini dulu!

Mau beli mobil listrik, cek ini dulu!

Mobil listrik saat ini tengah naik daun, disamping karena menggunakan teknologi terbaru mobil listrik juga mendukung kampanye pemerintah mengenai kendaraan ramah lingkungan. Mungkin untuk kamu yang lagi mencari mobil baru, nggak ada salahnya memilih mobil listrik. Sekarang hampir semua pabrikan mobil mengeluarkan mobil listrik versi mereka. Tapi sebelum kamu memutuskan membeli mobil listrik ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Sebelum membeli nggak ada salahnya kamu mencari pro dan con memiliki mobil listrik di internet, jangan lupa cara cek kecepatan internet biar nggak terganggu waktu kamu browsing. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat membelu mobil listrik.

Jangkauan jarak

Saat ini, kapasitas daya baterai dan waktu pengisian menjadi kelemahan. Penggunaan baterai sebagai sumber penggerak mesin membuat mobil listrik mempunyai keterbatasan dalam jarak. Untuk menempuh jarak hingga 120 kilometer, mobil listrik memerlukan pengisian listrik selama 6 jam penuh. Selain itu di Indonesia juga masih jarang tempat yang menyediakan pengisian daya mobil listrik. Sebelum menetapkan pilihan, cari tahu apakah jangkauan mobil sesuai kebutuhan.

Tempat pengisian daya

Periksa tempat pengisian daya kendaraan di daerah kalian sebelum membeli mobil listrik. Hal ini penting jika pemilik mobil listrik kehabisan baterai saat jauh dari rumah tentunya akan merepotkan kalian. Apabila kalian sudah menemukan tempat pengisian daya, kalian juga harus memperhatikan waktu yang di butuhkan hingga batrai kendaraan kalian terisi penuh. Apabila kalian memilih untuk membeli mobil listrik pastikan daya listrik rumah cukup untuk pengisian batrai, sehingga garasi di rumah pun sebaiknya bisa dimanfaatkan sebagai tempat mengisi daya sebelum kalian melakukan kegiatan.

Biaya kepemilikan

Bukan hanya biaya membeli mobil listrik, ada pula biaya kepemilikan yang harus dikeluarkan. Misalnya, kenaikan tagihan listrik, pengaturan pengisian outlet pengisi daya, juga biaya transportasi lain saat mobil listrik sedang tak bisa dipakai.

Pertimbangkan mobil hibrida

Apabila belum mantap memilih mobil listrik, pertimbangkan mobil hibrida yang memiliki sumber daya listrik sekaligus mesin konvensional (BBM). Jadi kamu tidak perlu terlalu khawatir saat daya batrai mulai habis dan tempat pengisian daya masih jauh. Beberapa opsinya adalah Chrysler Pacifica, Subaru Crosstrek, Outlander PHEV, Kia Niro, atau Mitsubishi MSBHY.