Mengapa Mengasuransikan Mobil Menjadi Penting Saat Ini? Berikut Ulasannya

Mengapa Mengasuransikan Mobil Menjadi Penting Saat Ini? Berikut Ulasannya

Lantaran memiliki harga yang fantastis, siapapun tentu tidak akan rela jika kehilangan mobil yang dimilikinya. Meskipun sudah dijaga dan dirawat dengan baik, kemungkinan untuk mengalami musibah seperti kemalingan dan kerusakan masih saja tak bisa terbendung. Sebagai tindakan antisipasi jika nantinya mobil yang Anda miliki benar-benar hilang atau rusak, maka sebaiknya Anda segera mengasuransikan mobil tersebut ke perusahaan asuransi.

Anda tidak perlu bingung memikirkan dimana bisa mengasuransikan mobil, karena di Indonesia sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai jenis asuransi. Namun, yang menjadi masalah ialah tidak semua perusahaan asuransi dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para anggotanya. Untuk itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih perusahaan. Carilah asuransi mobil terbaik versi Anda agar kehidupan Anda semakin nyaman. Dengan mengasuransikan mobil yang kita miliki, artinya kita telah melakukan usaha untuk mengurangi resiko kerusakan maupun kehilangan.

Tak perlu khawatir dengan adanya riba atau sejenisnya. Bagi Anda yang merupakan masyarakat muslim, maka Anda bisa membeli asuransi yang berbasis syariah. Ya!! Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang mendasarkan kegiatan operasionalnya berdasarkan hukum-hukum Agama Islam. Namun kembali lagi ke diri Anda, apakah ingin bekerjasama dengan perusahaan asuransi konvensional maupun syariah. Pada saat membeli asuransi, Anda pun juga diharuskan untuk memilih jenis produk asuransi yang ingin Anda gunakan.

Secara umum, jenis asuransi mobil dibagi menjadi dua jenis yakni asuransi mobil All Risk dan Total Loss Only (TLO). Jika Anda menginginkan segala resiko kerusakan mobil mulai dari kerusakan ringan, berat, maupun hilang menjadi tanggungan perusahaan asuransi, maka sebaiknya Anda membeli asuransi All Risk. Sementara itu jika Anda merasa masih cukup mampu untuk membiayai kerusakan mobil yang bersifat ringan, maka Anda bisa memilih asuransi TLO. Dan tentu saja, harga asuransi All Risk lebih mahal dibandingkan dengan asuransi TLO.

Membeli asuransi bukan berarti kita bisa memperlakukan mobil yang kita miliki dengan seenaknya. Jangan anggap jika Anda bisa mengelabuhi pihak perusahaan dengan cara berpura-pura kehilangan mobil. Pihak perusahaan akan menyelidiki latar belakang hilangnya mobil Anda terlebih dahulu sebelum memberikan biaya penanggungan. Dengan demikian, Anda tidak bisa melakukan tindak penipuan terhadap perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi hanya akan memberikan klaim jika mobil yang Anda miliki benar-benar terbukti hilang.

Meskipun sudah diasuransikan, tetap saja kita tidak boleh ceroboh dalam menjaga mobil kita. Apalagi dewasa ini tengah marak terjadi pencurian mobil di Indonesia. Maka dari itu, Anda harus melakukan beberapa cara agar terhindar dari pencurian mobil. Terkait dengan hal tersebut, terdapat beberapa tips agar mobil kita semakin aman dari tangan jahil maling.

Agar kemungkinan pencurian mobil semakin sedikit, maka jangan memarkirkan mobil di tempat yang sepi. Parkirkan mobil Anda di tempat umum dan jangan lupa untuk menggunakan seluruh fitur keamanan yang tersedia. Jika perlu, pasanglah gembok pada bagian ban ketika mobil di tinggal. Sebelum di tinggal, sebaiknya putar ban mobil ke arah dalam atau kea ram mobil lain. Hal ini tentu sangat menyulitkan si maling lantaran harus memutar ban terlebih dahulu saat melakukan pencurian. Selain itu, pastikan Anda tidak menyimpan surat-surat berharga mobil seperti STNK, BPKB, serta barang-barang berharga di dalam mobil. Dengan demikian, Anda bisa membuat berita laporan kehilangan dengan mudah pada pihak kepolisian. Nah, itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari pencurian mobil.

admin

shares