Penyebab dan Pencegahan Polip Hidung

Penyebab dan Pencegahan Polip Hidung

Kondisi kesehatan yang berhubungan dengan saluran napas bagian atas atau rongga hidung adalah sinusitis, rhinitis, serta polip hidung. Polip hidung adalah pertumbuhan jaringan pada sinus yang memiliki sifat non carsinogenic atau tidak bersifat kanker. Bila ukurannya kecil, polip ini tidak akan menimbulkan rasa sakit.

Penyebab Polip Hidung

Polip hidung dapat diobati dengan cara operasi. Namun ada juga obat polip hidung tanpa operasi yaitu dengan cara pemberian obat tablet atau obat semprot hidung jika menurut dokter pengobatan polip bisa ditempuh tanpa jalan operasi.

Polip hidung bisa tumbuh karena disebabkan oleh beberapa faktor di bawah ini:

  • Sinusitis serta memiliki alergi terhadap jamur yang ada di udara
  • Faktor keturunan

Bila seseorang memiliki variasi genetik yang berhubungan dengan fungsi sistem imun tubuh, maka orang tersebut akan lebih mudah mengidap polip hidung.

  • Asma

Asma akan memicu terjadinya peradangan atau inflamasi serta penyempitan pada saluran udara.

  • Sindrom Churg Strauss

Sindom churg strauss merupakan sindrom yang dapat menjadi penyebab polip hidung. Hampir semua pengidap sindrom ini akan mengidap penyakit asma atau allergic rhinitis. Sindrom churg strauss merupakan sindrom yang akan menyebabkan peradangan pada pembuluh darah

  • Fibrosis Kistik

Ketika tubuh mengalami kelainan genetik sehingga sistem pencernaan dan sistem pernapasan (termasuk selaput sinus) menghasilkan lendir kental dan berlebihan disebut dengan fibrosis kistik. Kondisi ini bisa memicu pertumbuhan polip hidung.

Pencegahan Polip Hidung

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghindari tumbuhnya polip hidung, Cara-cara tersebut adalah:

  1. Selalu upayakan agar udara di rumah Anda selalu lembab. Anda dapat menggunakan air humidifier untuk membuat rumah Anda senantiasa lembab.
  2. Hindari kebiasaan memasukan jari ke dalam hidung. Namun, bila Anda sulit menghindarinya, pastikan Anda selalu menjaga kehigienisan tangan Anda dengan sering mencuci tangan dengan sabun hingga bersih.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, salah satu pemicu polip hidung adalah sinusitis. Jika Anda telah mengetahui bahwa Anda mengidap sinusitis, sebaiknya Anda segera mengobati penyakit tersebut. Anda dapat mengonsumsi modexa obat sinusitis dari geoapotik.