Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Dan Mencuci Pakaian Bayi

Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Dan Mencuci Pakaian Bayi

Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif karena pembentukan jaringan kulit yang belum sempurna. Memilih pakaian yang tepat serta cara mencuci yang benar merupakan langkah aman untuk mencegah terjadi iritasi kulit pada bayi. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih dan mencuci pakaian bayi tersebut.

Lakukan Langkah Tepat Agar Kulit Bayi Terjaga

Untuk memilih pakaian bayi dan mencucinya memang butuh ketelitian. Mulai dari memilih bahan baju, jenis baju, hingga deterjen pakaian bayi yang tepat. semua harus benar-benar sesuai dengan kondisi kulit bayi apalagi yang berumur di bawah enam bulan.

  • Memilih Pakaian

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah jenis bahan dari pakaian tersebut. pastikan pembut di kulit bayi dan menyerap keringan. Biasanya bahan kaos dan katun lembut merupakan bahan yang sering digunakan sebagai pakaian bayi.

Kedua adalah jenis pakaian, apakah lengan pendek atau lengan panjang. Jika kamu berdomisili di kawasan dengan cuaca relatif panas sebaiknya memilih pakaian lengan pendek, agar bayi tidak mudah berkeringat, tapi kalau tinggal di kawasan dingin sebaiknya perbanyak pakaian lengan panjang.

Ketiga adalah memastikan Anda menyimpannya dengan benar sehingga kuman tidak menempel dan pakaian selalu bersih saat akan dipakai si buah hati.

  • Mencuci Pakaian

Hal pertama yang diperhatikan adalah memisahkan pakaian bayi dengan orang dewasa, terutama orang dewasa yang sedang dalam kondisi sakit. Karena bakteri dan virus bisa saja menular melalui pakaian saat dicuci bersamaan.

Kedua yaitu memastikan kandungan deterjen pakaian bayi yang aman untuk kulit. Karena pada beberapa jenis pakaian seperti popok dan celana tentunya butuh perendaman khusus karena nodanya mungkin lebih banyak.

Ketiga yaitu suhu air saat mencuci pakaian bayi disarankan antara 30 derajat selsius hingga 40 derajat selsius. Hal ini untuk menjaga kualitas pakaian dan mencegah mengendapnya kuman pada pakaian saat direndam atau dicuci.

Kalau kamu bisa mempertahankan cara memilih dan mencuci pakaian di atas maka kamu bisa menjaga kondisi kulit bayi dari iritasi. Karena sesuai penelitian salah satu yang menyebabkan iritasi kulit pada bayi adalah pakaian yang digunakan.