Tanpa Ribet, Begini Cara Buat Toko Online Sendiri

Tanpa Ribet, Begini Cara Buat Toko Online Sendiri

Di zaman yang serba digital ini, penjualan secara online merupakan salah satu hal yang sangat wajar. Sayangnya, meskipun penjualan secara online dinilai menguntungkan tapi belum banyak penjual yang tahu cara buat toko online sendiri.  Padahal, sebenarnya caranya tidak terlalu sulit dan cenderung lebih murah dibandingkan dengan membuat toko offline.

Membuat Situs Untuk Toko Online

Ada banyak cara untuk membuka sebuah toko secara online. Namun, cara yang paling umum adalah dengan membuat situs toko online. Selain lebih mudah dikelola, cara ini juga membuat kalian sebagai pelaku usaha lebih mudah melakukan berbagai transaksi atau pembukuan.

Lalu, bagaimana cara membuat sebuah toko online sendiri dengan mudah? Bagi kalian yang masih pemula, berikut cara membuat situs toko online yang gampang ditiru.

  1. Memesan domain dan hosting

Baik domain beserta hosting, keduanya dapat dibeli secara bersamaan. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa penjualan paket domain dan hosting dengan harga yang cukup terjangkau. Bagi pemula, disarankan untuk memilih paket hosting yang dirasa paling menguntungkan untuk menghemat pengeluaran.

Namun, pastikan jika perusahaan penyedia jasa layanan tersebut sudah berpengalaman dan dapat dipercaya. Sebab jika kalian salah memilih hosting maka kualitas layanan situs yang kalian buat akan buruk sehingga justru tidak akan membantu kelancaran usaha kalian.

  1. WordPress-WooCommerce

Kalian harus menginstal program yang dibutuhkan agar toko kalian bisa diakses secara bebas di internet. Caranya sangat mudah. Kalian hanya perlu masuk ke akun hosting kalian kemudian install WordPress lalu install WooCommerce lalu tentukan tema yang sesuai.

Perlu diingat jika setiap situs hosting memiliki cara install yang berbeda-beda. Agar tidak salah langkah, ada baiknya jika kalian melihat baca ketentuannya lebih dulu. WordPress sendiri banyak disarankan karena memiliki banyak tools yang bisa kalian gunakan untuk mengembangkan toko online.

  1. Mendesain tampilan situs

Selanjutnya kalian bisa mendesain toko kalian dengan adanya fitur custom yang dimiliki WordPress. Pilih tema yang sesuai dengan produk yang kalian jual agar terkesan lebih menarik. Untuk lebih jelasnya kalian bisa mencari informasi lengkap atau tutorial WooCommerce di internet.

Setelah mendesain toko, langka selanjutnya adalah memasukkan gambar serta informasi produk secara lengkap dan detail. Usahakan untuk menggunakan gambar yang jelas dan memiliki resolusi tinggi agar hasilnya terlihat bagus saat dibuka calon pembeli. Jangan lupa sertakan detail informasi produk yang sekiranya penting untuk diketahui konsumen.

  1. Mengembangkan toko

Setelah semua proses berjalan lancar maka kalian bisa mulai untuk mempromosikan toko online kalian. Jangan lupa untuk mengecek apakah semua fitur yang tersedia berjalan lancar. Selain itu, kalian juga bisa melakukan berbagai promosi untuk menarik trafik menggunakan berbagai media seperti sosial media.

Setelah membuat situs sendiri, ada baiknya jika kalian juga menggunakan aplikasi untuk memudahkan kalian dalam mengelola toko online tersebut. Beberapa aplikasi seperti PesanLokal selai bisa merekap pesanan secara otomatis, aplikasi ini juga bisa membantu kalian membuat katalog secara online serta mengatur metode pembayaran.

Dengan begitu, proses pembukuan akan jauh lebih mudah dan cepat dilakukan. Jika kalian bisa paham cara buat toko online seperti di atas maka kalian pasti bisa menggunakan aplikasi PesanLokal. Meskipun aplikasi ini memiliki banyak fitur tapi tampilannya cukup user friendly sehingga bahkan kalian yang ‘gaptek’ sekalipun akan bisa menggunakannya.