Tips Jual Rumah Agar Cepat Laku

Tips Jual Rumah Agar Cepat Laku

Tentu ada banyak alasan bagi sebagian besar orang yang memutuskan untuk jual rumah. Sebagai contoh karena kebutuhan finansial yang terdesak, ingin pindah ke hunian yang lebih layak, bahkan pindah ke hunian yang lebih mahal dari rumahnya yang sekarang.

Perlu Anda ketahui bahwa menjual rumah bukanlah sebuah perkara yang mudah. Meskipun harganya bisa membuat Anda lebih untung, namun rumah merupakan salah satu asset yang bersifat tidak likuid atau tidak mudah diperjualbelikan. Oleh karena itu, Anda perlu memahami terlebih dahulu tips dan trik menjual rumah di era modern seperti saat ini, diantaranya:

  1. Renovasi Rumah Sebelum Memasang Iklan

Tips yang pertama sebelum rumah dijual kepada orang lain ialah Anda perlu merenovasinya dahulu. Mengapa demikian? Adapun renovasi di sini bukan berarti renovasi gede-gedean, melainkan renovasi yang cukup sederhana guna memperbaiki cacat dari rumah yang Anda miliki tersebut.

Sebagai contoh, tembok yang lumutan atau pun plafon yang bocor, tentu ini menjadi minus yang akan berpengaruh pada harga jual rumah Anda. Oleh sebab itu, penting sekali untuk melakukan renovasi. Dimana kondisi rumah yang baik akan membuat si pembeli berminat dan tertarik.

  1. Periksa Harga Tanah di Sekitar Wilayah Rumah Anda

Ada baiknya bagi Anda untuk melakukan riset terlebih dahulu dengan memanfaatkan situs-situs pencarian properti di Indonesia. Lalu, silakan kalkulasi perkiraan harga luas bangunan di rumah Anda saat ini. Saat harga tanah dan bangunan itu sudah ketemu, Anda bisa memperkirakan harga rumah Anda dengan patokan harga pasaran pada umumnya.

Selain itu, Anda juga bisa melakukannya dengan memeriksa Nilai Jual Obyek Pajak, atau NJOP di kawasan sekitar rumah Anda. Adapun dalam Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang diterima setiap tahun, tentu tertera informasi mengenai NJOP, baik itu tanah maupun bangunan.

Umumnya, orang menjual rumah dengan harga dua atau tiga kali lipat di atas NJOP nya. Tak hanya itu, semakin strategis rumah Anda tentu semakin tinggi pula harga yang bisa Anda tawarkan yakni bisa mencapai lebih dari tiga kali lipat NJOP.

  1. Memanfaatkan Situs Jual Beli Online

Di era modern seperti saat ini, sudah banyak tersedia berbagai situs jual beli online, khususnya jual beli property seperti rumah. Hal ini tentu bisa Anda manfaatkan untuk bisa mendapatkan pembeli dengan jangkauan yang lebih luas. Salah satu contohnya yaitu OLX, dimana Anda bisa memasang iklan rumah Anda, sehingga pembeli akan segera menghubungi kontak yang tertera pada iklan tersebut.

Usahakan untuk menampilkan foto-foto yang representative dan deskripsi iklan yang jelas serta lengkap. Jika iklan Anda sudah terpasang, Anda bisa memanfaatkan fitur advertise pada situs tersebut. Dimana nantinya iklan rumah Anda akan muncul di halaman pertama. Adapun fitur ini memiliki biaya.

  1. Memasang Iklan di Media Sosial

Tahukah Anda, bahwa tidak hanya situs jual beli online saja yang bisa membantu Anda dalam proses jual beli rumah. Anda juga bisa memasang iklan di media sosial seperti Instagram yang memang cenderung lebih efektif untuk menyebarkan iklan rumah.

Adapun di Intagram Anda bisa membuat satu postingan mengenai foto-foto rumah Anda. Selanjutnya, postingan tersebut di-boost dan usahakan untuk menargetkan siapa yang akan melihat postingan ini. Namun, untuk bisa melakukan cara ini, profil akun Instagram Anda perlu diubah dulu ke profil bisnis.

Dimana dengan profil bisnis ini, semua orang bisa men-stalking Instagram Anda tanpa harus melakukan request terlebih dulu.

  1. Ketahui Waktu yang Tepat Saat Hendak Mengaktifkan Fitur Advertise

Apabila iklan Anda sudah terpajang di situs jual beli dan media sosial, biarkan saja dahulu. Anda tidak perlu terburu-buru untuk mengaktifkan fitur advertise. Silakan survey dan telusuri dulu apakah ini waktu yang tepat untuk mengaktifkannya.

Bagaimana cara mengetahui bahwa ini adalah waktu yang tepat?Ya, tentu saja Anda harus paham mengenai transaksi rumah itu padat. Dimana ketika Suku Bunga BI naik, biasanya harga rumah juga ikut naik atau melambung tinggi.

  1. Manfaatkan Jasa Agen Properti Untuk Menjual Rumah

Tips berikutnya untuk jual rumah agar cepat laku ialah dengan memanfaatkan jasa agen property guna mempersingkat waktu dan menghemat tenaga Anda. Hal ini tentu sangat cocok dilakukan oleh mereka yang tidak memiliki waktu untuk menjual rumah.

Agen property yang baik tentunya dapat membantu Anda dalam menentukan harga yang tepat. Bukan hanya membantu proses penjualannya saja dan terima komisi. Bicara tentang komisi, tentunya Anda harus memberi komisi kepada para broker yang telah membantu Anda tersebut.

Umumnya, para agen properti akan meminta komisi sebesar 2,5 persen dari total harga penjualan rumah Anda. Sebaiknya Anda tidak perlu bernegosiasi perihal hal ini. Tetapkan saja di awal jika komisinya 2,5 persen. Adapun angka tersebut sudah cukup dan pas, jika kekecilan dikhawatirkan para agen akan bermalas-malasan dalam bekerja dan jika kebesaran, maka Anda yang rugi.

Dengan memanfaatkan teknologi, Anda dapat membuat semua orang tahu bahwa Anda sedang jualan rumah dengan spesifikasi tertentu. Oleh sebab itu, semakin banyak orang yang tahu, maka semakin besar pula peluang rumah Anda terjual dalam waktu singkat.

Tips-tips menjual rumah diatas diharapkan dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang menjual rumah dan membutuhkan dana yang besar dalam waktu singkat. Dimana era modern saat ini memudahkan manusia untuk saling bertukar informasi baik itu hanya berkomunikasi maupun bertransaksi di dunia online.