Tujuan dan Manfaat Bikin Jersey Futsal yang Harus Diketahui

Tujuan dan Manfaat Bikin Jersey Futsal yang Harus Diketahui

Bagi para penggemar olahraga, baik para pemain maupun suporter pasti tidak asing lagi dengan yang namanya jersey. Jersey umum dikenal sebagai pakaian olahraga sepak bola namun sebenarnya juga digunakan untuk olahraga lain yaitu basket, voli, bulu tangkis, dan olahraga lainnya termasuk juga dengan futsal yaitu olahraga yang disederhanakan dari sepak bola. Para pemain futsal juga disarankan untuk bikin jersey futsal untuk menunjang permainan agar lebih maksimal.

Tujuan dan Manfaat Bikin Jersey Futsal

Tak jarang banyak yang masih menggunakan kaos biasa saat bermain futsal padahal kaos biasa tidak terlalu mendukung pergerakan saat bermain futsal. Disarankan sebaiknya untuk menyediakan baju jersey yang memang dikhususkan untuk bermain futsal dan kegiatan olahraga yang lain sehingga permainan lebih maksimal. Berikut tujuan dan manfaat memakai jersey.

  1. Agar tidak mudah panas

Jersey futsal memiliki pori-pori yang lebih besar sehingga memiliki sirkulasi udara yang cukup baik, berbeda dengan kaos biasa yang memiliki sifat kaku dan pori-pori yang rapat sehingga lebih cepat panas jika dikenakan untuk bermain futsal. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat baju jersey bersifat mendinginkan tubuh karena udara yang masuk dari pori-pori baju.

  1. Mudah menyerap keringat

Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat jersey memiliki sifat yang mudah menyerap keringat dan mudah kering sehingga tidak mengganggu ketika bermain futsal karena kaos yang basah. Memang terdapat beberapa kaos yang bisa menyerap keringat namun bahannya tidak cepat kering seperti jersey.

  1. Lebih ringan

Berbeda dengan kaos biasa, baju jersey futsal menggunakan bahan yang lebih ringan sehingga tidak mengganggu saat bermain dan mendukung pergerakan yang lincah karena memang dibuat dengan bahan khusus untuk jersey.

  1. Lebih lentur dan elastis

Baju jersey memiliki sifat yang lentur dan elastis. Selain ringan, sifat ini juga akan sangat membantu dan tidak akan menghambat pergerakan ketika bermain sehingga lebih leluasa saat bergerak. Tujuan memakai baju jersey yang ringan, lentur, dan elastis akan membuat pemakai lebih nyaman daripada ketika memakai kaos biasa.

  1. Sebagai ciri khas dan perbedaan tim

Tentunya jersey bertujuan untuk membedakan anggota tim sendiri dengan tim lawan dengan lebih mudah karena jersey memiliki desain yang berbeda-beda pada tiap tim dengan desain yang telah disepakati oleh anggota futsal. Karena warna terbatas, terkadang terdapat persamaan warna pada baju jersey namun masih terdapat desain seperti garis, nama tim, terang gelapnya warna, dan faktor lain yang membedakannya.

  1. Meminimalisir cedera

Dalam olahraga terutama futsal, beberapa anggota pemain rentan mengalami cedera maka dari itu fungsi jersey selain nyaman, bertujuan untuk mengurangi adanya cedera dengan melindungi tubuh. Namun tetaplah menyediakan P3K karena sangat penting dalam melakukan kegiatan apapun.

  1. Dapat mendesain model yang diinginkan

Baju jersey dapat di desain sesuai keinginan karena baju jersey memiliki desain tanpa batasan dalam masalah model dan warna bahkan bahan untuk membuat jersey juga bisa dipilih sesuai keinginan karena baju jersey berfungsi sebagai identitas diri dan menunjukkan bahwa anda merupakan bagian dari tim.

  1. Tujuan fashion

Selain digunakan untuk berolahraga, ternyata jersey juga bisa digunakan sebagai fashion dengan desain yang lebih kekinian dan cocok untuk pakaian sehari-hari bahkan terdapat brand terkenal yang menjual jersey untuk wanita.

Inilah tujuan dan manfaat bikin jersey futsal yang bukan hanya berlaku pada olahraga futsal melainkan juga berlaku pada olahraga lain. Anda bisa mempertimbangkan untuk mulai menggunakan jersey ketika bermain futsal dengan tim anda.